Berani Mencoba, Berani Berubah.

Latihan Soal Fungsi Kuadrat

Dave Wilson   2022-10-21   Matematika

        Halo semuanya, hari ini kita akan mengerjakan latihan soal mengenai fungsi kuadrat. Kita akan langsung mulai saja dengan soal pertama.

Ada sebuah grafik y = f(x) = 12 – 4x – x² dengan daerah asal (domain) = {𝑥/−7 ≤ 𝑥 ≤ 3 , 𝑥 ∈ 𝑥}, tentukan:
A. Pembuat nol fungsi
B. Persamaan sumbu simetri
C. koordinat titik balik maksimum daerah hasil fungsi

        Kita akan mengerjakan bagian a dulu.

         Disini kita akan mencari pembuat nol fungsi. Caranya gampang, tinggal masukkan nol menggantikan y, dan menggunakan rumus topi kita menemukan 2 dan -6 sebagai pembuat nol fungsi. Sekarang kita akan mencari persamaan sumbu simetri dari fungsi kuadrat.

        Kita menggunakan rumus -b/2a untuk mencari sumbu simetri. Hasilnya -2.

        Setelah mencari sumbu simetri, kita bisa menggunakan sumbunya sebagai x untuk mencari titik balik maksimum f(x). Hasilnya adalah 16, maka koordinat titik balik maksimum adalah (-2, 16)

        Lanjut ke soal berikutnya, sebuah roket diluncurkan vertikal ke atas. Tinggi h meter roket setelah t detik diluncurkan, dinyatakan dengan h(t) = 40t – 5t².

a. Buatlah sketsa dari grafik fungsi y = h(t) tersebut.
b. Tentukan tinggi maksimum yang di capai roket.
c. Tentukan selang waktu ketika tinggi roket mencapai lebih dari 60 meter.

        Diatas ini ada grafik dari fungsi tadi, dan kita bisa melihat tinggi maksimumnya adalah 80. Namun, kita akan menghitung hasilnya secara matematis, dengan cara berikut:

        Sekali lagi, kita menggunakan rumus yang sama, mencari sumbu simetri dan masukkan kedalam rumus. Kita mendapatkan hasil akhir yang sama yaitu 80 meter. Selanjutnya kita akan mencari selang waktu dimana ketinggian roket mencapai lebih dari 60.

        Untuk mencari hasilnya, sebenarnya caranya mudah. Kita tinggal mencari t jika h(t) = 60, dan t berada di tengahnya (range tinggi roket diatas 60m). Kita mendapatkan hasil 2 dan 6, maka ketinggian roket lebih tinggi dari 60m pada detik 3, 4 dan 5.