Berani Mencoba, Berani Berubah.

Tokoh-Tokoh yang Menginspirasi Kita

Dave Wilson   2022-10-18   Bahasa Indonesia

        Di dunia ini terdapat tokoh-tokoh yang dapat menginspirasi kita. Tokoh-tokoh yang akan disampaikan ini memiliki masalahnya sendiri yang dapat menginspirasi kita. Sifat-sifat tokoh tersebut dapat kita contoh sebagai panutan kita sehari-hari. Misalnya seperti Michael Jordan, Elon Musk, Albert Einstein dan BTS.

1. Michael Jordan

       Michael Jordan adalah pemain bola basket profesional yang bermain di NBA. Michael Jordan lahir pada tanggal 17 Februari 1963 di Brooklyn, New York. Dia bermain di posisi SG dan memiliki nomor punggung 23. Michael Jordan pernah berkata, "I've missed more than 9,000 shots in my career. I've lost almost 300 games. Twenty-six times, I've been trusted to take the game winning shot and missed. I've failed over and over and over again in my life. And that is why I succeed." Kata-kata ini berarti bahwa walaupun Michael Jordan telah gagal berkali-kali, tetapi hal itulah yang membuat dia berhasil dalam karirnya.

       Michael Jordan menginspirasi kita bahwa di dunia ini walaupun kita gagal berkali-kali, kita harus pantang menyerah untuk mencapai tujuan. Michael Jordan juga seorang yang pantang menyerah. Hal ini karena Michael Jordan telah melakukan banyak sekali kegagalan. Walaupun dia telah gagal berkali-kali tetap saja dia dikenang sebagai salah satu pemain terhebat di NBA. Saya menerapkan kerja keras idola saya dengan contoh saat saya mengerjakan proyek kemarin. Saya bekerja keras untuk membuat pameran virtual.

 

2. Elon Musk

       Elon Musk adalah salah satu orang terkaya di dunia pada tahun 2021. Elon Musk lahir pada 28 Juni 1971 di Pretoria, Afrika Selatan. Elon Musk punya masa kecil sulit karena mengalami kekerasan dari ayahnya dan juga bullying. Elon Musk juga menjadi korban perundungan. Dia dikenal sebagai murid yang jenius, Elon tidak memiliki banyak teman. Ia lebih sering menghabiskan waktu sendiri karena dia seorang introvert.

       Elon Musk pernah menyimpulkan sejak sekolah ia sering diganggu oleh teman-temannya. Meski begitu, hal ini tidak mengundurkan dirinya dan niatnya untuk terus belajar dan pantang menyerah, hingga ia bisa mencapai kesuksesannya saat ini. Elon Musk pernah mengatakan “Don’t be afraid of new arenas.” Yang berarti jangan takut dengan lingkungan, suasana, dan tantangan baru. Quote ini menginspirasikan banyak orang untuk berani mencoba hal baru. Contohnya saat saya mengerjakan project, saya berani mencoba hal baru dan pantang menyerah.

 

3. Albert Einstein

       Albert Einstein lahir di Jerman 14 Maret 1879 dan meninggal pada 18 April 1955. Albert Einstein merupakan fisikawan teoretis di Jerman. Albert Einstein terkenal sebagai salah satu fisikawan terbesar sepanjang masa. Einstein memang memiliki autisme, tetapi hal tersebut tidak menghentikan Einstein dari menciptakan dan mengembangkan teori-teori terkenal. Einstein juga dibenci oleh guru-gurunya karena kepintarannya. Albert Einstein pernah berkata "Never give up on what you really want to do. The person with big dreams is more powerful than one with all the facts."

       Sifat Einstein yang pantang menyerah sangat patut dicontoh. Dia tetap dapat menjadi tokoh yang terkenal walaupun memiliki kekurangan yaitu, autisme. Albert Einstein tetap maju walaupun dibenci oleh guru-gurunya. Pada akhirnya disaat dia meninggal dia dikenal sebagai salah satu manusia terjenius. Kita harus pantang menyerah dan bekerja keras jika ingin mencapai tujuan kita. Sekarang ini saya sudah berusaha untuk menerapkan sikap pantang menyerah dan sikap kerja keras. Misalnya seperti saat melakukan sesuatu saya selalu bekerja keras untuk mendapatkan hasil yang baik. Saya juga tidak menyerah untuk mendapatkan sesuatu yang saya inginkan.

 

4. BTS

       BTS mengawali karir mereka bersama BigHit Entertainment pada tahun 2013. Kala itu BigHit masih merupakan agensi yang kecil. Tak punya cukup karyawan dan dana, tentunya para idol BigHit juga tidak bisa merasakan fasilitas mewah seperti idol dari agensi lain. Mereka terpaksa tinggal dalam satu dorm yang sempit, membuat musik video dan melakukan promosi dengan dana yang minim. Para Member BTS tetap bekerja keras dengan segenap kemampuan mereka, dan kini terbukti mereka mampu membuktikan diri serta membuat agensi mereka menjadi seperti sekarang. Jungkook pernah berkata, “Jika aku memiliki kesempatan untuk meningkatkan setiap hal dari diriku, maka aku akan bekerja keras untuk mewujudkannya daripada hanya duduk diam.”

       Cerita diatas membuktikan bahwa BTS tidak pernah menyerah dan tetap berjuang keras walaupun mereka tidak sukses pada masa itu. Jadi seberapa buruk pun keadaannya, kamu pasti bisa melewatinya asal punya kemauan untuk bekerja keras dan tidak menyerah. Hal yang bisa saya terapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah tidak menyerah terlebih dahulu sebelum mencoba sesuatu.

 

Kesimpulan

       Dari tokoh-tokoh tersebut kita dapat belajar tentang pelajaran hidup. Misalnya, bahwa kita harus pantang menyerah dan bekerja keras walaupun kita mengalami banyak kegagalan. Kita juga harus pantang menyerah walaupun banyak orang yang membenci kita karena iri terhadap kita. Jika kita bekerja keras dan jujur pasti suatu saat kita dapat menjadi seseorang yang sukses.